Friday, December 3, 2010

MODAL 300 RIBU KINI MERAIH UNTUNG 120 JUTA PER-BULAN.Nur Arifiasih & Adi Sunyoto (MAULIN'S Bakery)

Keinginan memiliki usaha sendiri agar kondisi perekonomian keluarga lebih baik membuat Nur Arifiasih terjun kedunia usaha. Pilihannya membuat kue brownies yang waktu itu sedang booming.Keputusannya membangun usaha ditahun 1998 ternyata berbuah manis karena hanya dengan modal Rp.300 ribu di tahun itu kini ia mampu mengembangkan usahanya hingga telah memiliki beberapa outlet dan 14 agen yang tersebar di jabotabek.tentu saja keberhasilan yang diraihnya ini tidak diperoleh secara tiba-tiba tapi membutuhkan proses perjuangan yang panjang.


Krisis tidak selalu menjadi berita buruk,apabila direspons dengan fositif.Lihatlah Nur Arifiasih,wanita asal padang,sumatera barat yang memulai usaha di tahun 1998 ketika krisis moneter sedang melanda Indonesia.ketika suaminya diberhentikan bekerja,dengan niat ingin membantu keuangan keluarga,maka Nur mempelajari kue Brownies yang dipelajarinya dari keluarga suaminya,apalagi waktu itu Brownies lagi booming. Diawal-awal latihan membuat brownies beberapa kali nur mengalami kegagalan.walaupun demikian keinginan untuk maju membuatnya tidak mau menyurutkan langkah / menyerah.

Ketika memulai usaha modal awal hanya Rp.300 ribu yang digunakan untuk membeli cokelat,tepung terigu,telur dan gula,sedangkan peralatan seperti oven dan mixer sudah lama dimilikinya.Harus diakui Nur bahwa tidak mudah terjun di usaha ini karena Nur masih bekerja di Bank BRI Tambun,Bekasi di posisi Supervisor Kas.

Pada awalnya,sebagai uji coba dijual browniesnya ke teman-teman kantornya,ternyata banyak yang suka dan pesan lagi,bahkan semakin hari sering dipesan oleh yang berbeda kantor.

Seiring dengan makin meningkatnya permintaan Nur lalu mengajak 2 sahabatnya.walaupun telah dibantu sahabatnya,bukan berarti nur melepaskan tanggung jawabnya karena ia masih terjun dalam proses produksi.bahkan jika pesanan banyak ia sering begadang.Selama 2 tahun ia bersama sahabatnya memproduksi brownies di rumahnya,baru pada tahun 2000 menyewa tempat khusus tidak jauh dari rumahnya,sebagai Toko dan tempat produksi.

Produk. Pada awalnya hanya nenjual kue brownies.ada brownies panggang dengan berbagai pilihan rasa seperti : keju,cokelat chip,mesis,mede,kismis,& roll marmer dengan harga Rp.18,5 per-loyang dan brownies kukus Rp.20.000/loyang

Kini Maulins bakery bisa memproduksi aneka kue sebanyak 1.300 loyang sehari.tapi yang terbanyak adalah Brownies.

Keistimewaan Produk.Nur sangat menyadari bahwa usaha ini memiliki persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu , ia harus menghadirkan produk memiliki keunikan rasa, dan andalannya adalah Brownies kukus.





Semoga insfirasi singkat ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment