Friday, December 3, 2010

CIPTAKAN KEISTIMEWAAN PADA BENTUK DAN RASA PRODUK

Dengan kondisi perekonomian saat ini yang belum stabil,membuat para pelaku usaha mencari cara lain agar jajanan yang dijual bisa laku dengan harga yang murah.Jajanan tersebut dengan mudah didapat didepan sekolah-sekolah,perumahan maupun mall diantero seindonesia.Jajanan seperti roti,gorengan, basreng,mie dll yang dijual dengan murah sekitar harga Rp.350-Rp.1000/buah.Harga yang murah ini merupakan salah satu trik agar produk yang dijual bisa diminati pasar terutama kalangan anak-anak.

Pada dasarnya usaha camilan ini memiliki prospek yang sangat cerah,karena para pelaku usaha ini bisa survive karena sudah mempunyai pelanggan yang tetap yaitu anak-anak sekolah.Tentu saja hal ini ditunjang dengan rasa yang sama enak sehingga membuat yang membelinya akan datang kembali.

Tren.Selain rasa yang enak,pelaku usaha harus mengikuti perkembangan pasar.Dalam arti,mengamati jajanan apa saja yang saat ini lagi booming. Harus diakui bahwa jajanan yang lagi diminati saat ini yang berbahan tradisional yang bahan bakunya mudah didapat seperti telo-telo,singkong meletus,ubi jalar yang dibuat menjadi brownies,atau combro yyang menggunakan keju,walaupun demikian,jajanan berbahan baku tepung seperti roti unyil,cakwe,cimol tetap akan disukai karena telah memiliki market sendiri

Karena market terbesar adalah anak-anak,Faktor ukuran produk menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan.Ukuran yang kecil menjadi pilihan dari kalangan pelaku usaha karena harga jual yang murah.Walaupun murah,mereka tidak mengurangi bahan baku tapi tetap menggunakn bahan terbaik.Karena pelaku usaha ingin tetap memberikan rasa jajanan yang enak tanpa harus mengurangi kualitas.

Walaupun harganya murah,tapi keuntungan yang diperoleh tidak terlalu mengecewakan,bisa mencapai 40%. Apalagi proses pembuatan jajanan berukuran mini tidak sulit.Hampir sama dengan jajanan yang harganya lebih mahal.Bahkan karena ukuran yang mini sehingga proses pembuatan akan lebih cepat.Yang membuat usaha ini makin menarik karena tingkat lakunya sangat tinggi.

Agar tetap bisa bersaing diantara jajanan yang murah sebenarnya terletak pada bentuk yang menarik dan rasa yang enak. Untuk segmentasi anak-anak yang perlu diperhatikan adalah bentuknya,karena anak-anak lebih tertarik pada visual.misalkan cakwe dengan bentuk binatang (ber-inovasi dalam hal bentuk)tidak dengan bentuk lurus-lurus saja maka anak-anak akan memilih bentuk yang binatang walaupun rasanya sama.

Apabila kedua hal ini bisa diterapkan / dipertahankan maka pelaku usaha kan bisa survive.Karena biasanya konsumen akan mengejar rasa yang enak dan murah.Keunggulan seperti inilah yang harus dipertahankan oleh kalangan para pelaku usaha khususnya sektor usaha jajanan murah meriah.

SARAN DARI PRAKTISI KULINER.FOOD STYLIST(BUDIUTOMO)


Semoga referensi ini bermanfaat bagi pembaca khususnya anda yang bergelut di bidang usaha jajanan murah yang segmentasinya adalahg anak-anak..
Selamat Mencoba!!!!

No comments:

Post a Comment