@Membuat Adonan Pempek Palembang
Bahan yang dibutuhkan dengan perbandingan terigu :sagu yaitu 1:2
1.Tepung terigu 6kg
2.Sagu 12 kg
3.Ikan tenggiri 1,5kg lalu diblender
4.Garam 250 gr
5.Sasa 75 gr
6.Telur kocok 0,5 kg
@Cara membuat Adonan :
1.Campurkan terigu,garam & sasa dengan menggunakan air panas.Bila menggunakan air dingin sagu tidak dapat tercampur
2.setelah tercampur lalu masukkan ikan tenggiri dan sagu
3.Setelah semua bahan tercampur,adonan tinggal dicetak sesuai model Lenjar atau Kapal Selam.Untuk 1 pempek Kapal selam diisi sebanyak 1 senduk teh
4.Setelah berbentuk Kapal selam / lenjar,pempek direbus dengan air yang diberi sedikit minyak agar tidak lengket selama 15 menit.
5.Pempek siap dipasarkan (yang dibawa pedagang hanya direbus saja)
@Membuat Kuah :
Bahan yang dibutuhkan :
1.Air sebanyak 90 liter
2.Cabe 1kg
3.Bawang putih 3 kg
4.Cuka 1 botol
5.Bunga sedap malam 2 ons
6.Gula aren 4kg
7.Gula putih 2kg
@Cara Membuat :
1. Haluskan Cabe & Bawang putih
2. Panaskan air lalu masukan bunga sedap malam
3. Setelah air mendidih lalu masukan gula aren serta gula putih & aduk hingga rata,kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan
4. Setelah bumbu tercampur tunggu hingga mendidih,setelah mendidih matikan kompor baru ditambahkan cuka dan diaduk sebentar
5. Kuah sebaiknya diperam selam sehari semalam agar rasa asam dan pedasnya lebih terasa.
Semoga bermanfaat!
Friday, December 3, 2010
CIPTAKAN KEISTIMEWAAN PADA BENTUK DAN RASA PRODUK
Dengan kondisi perekonomian saat ini yang belum stabil,membuat para pelaku usaha mencari cara lain agar jajanan yang dijual bisa laku dengan harga yang murah.Jajanan tersebut dengan mudah didapat didepan sekolah-sekolah,perumahan maupun mall diantero seindonesia.Jajanan seperti roti,gorengan, basreng,mie dll yang dijual dengan murah sekitar harga Rp.350-Rp.1000/buah.Harga yang murah ini merupakan salah satu trik agar produk yang dijual bisa diminati pasar terutama kalangan anak-anak.
Pada dasarnya usaha camilan ini memiliki prospek yang sangat cerah,karena para pelaku usaha ini bisa survive karena sudah mempunyai pelanggan yang tetap yaitu anak-anak sekolah.Tentu saja hal ini ditunjang dengan rasa yang sama enak sehingga membuat yang membelinya akan datang kembali.
Tren.Selain rasa yang enak,pelaku usaha harus mengikuti perkembangan pasar.Dalam arti,mengamati jajanan apa saja yang saat ini lagi booming. Harus diakui bahwa jajanan yang lagi diminati saat ini yang berbahan tradisional yang bahan bakunya mudah didapat seperti telo-telo,singkong meletus,ubi jalar yang dibuat menjadi brownies,atau combro yyang menggunakan keju,walaupun demikian,jajanan berbahan baku tepung seperti roti unyil,cakwe,cimol tetap akan disukai karena telah memiliki market sendiri
Karena market terbesar adalah anak-anak,Faktor ukuran produk menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan.Ukuran yang kecil menjadi pilihan dari kalangan pelaku usaha karena harga jual yang murah.Walaupun murah,mereka tidak mengurangi bahan baku tapi tetap menggunakn bahan terbaik.Karena pelaku usaha ingin tetap memberikan rasa jajanan yang enak tanpa harus mengurangi kualitas.
Walaupun harganya murah,tapi keuntungan yang diperoleh tidak terlalu mengecewakan,bisa mencapai 40%. Apalagi proses pembuatan jajanan berukuran mini tidak sulit.Hampir sama dengan jajanan yang harganya lebih mahal.Bahkan karena ukuran yang mini sehingga proses pembuatan akan lebih cepat.Yang membuat usaha ini makin menarik karena tingkat lakunya sangat tinggi.
Agar tetap bisa bersaing diantara jajanan yang murah sebenarnya terletak pada bentuk yang menarik dan rasa yang enak. Untuk segmentasi anak-anak yang perlu diperhatikan adalah bentuknya,karena anak-anak lebih tertarik pada visual.misalkan cakwe dengan bentuk binatang (ber-inovasi dalam hal bentuk)tidak dengan bentuk lurus-lurus saja maka anak-anak akan memilih bentuk yang binatang walaupun rasanya sama.
Apabila kedua hal ini bisa diterapkan / dipertahankan maka pelaku usaha kan bisa survive.Karena biasanya konsumen akan mengejar rasa yang enak dan murah.Keunggulan seperti inilah yang harus dipertahankan oleh kalangan para pelaku usaha khususnya sektor usaha jajanan murah meriah.
SARAN DARI PRAKTISI KULINER.FOOD STYLIST(BUDIUTOMO)
Semoga referensi ini bermanfaat bagi pembaca khususnya anda yang bergelut di bidang usaha jajanan murah yang segmentasinya adalahg anak-anak..
Selamat Mencoba!!!!
Pada dasarnya usaha camilan ini memiliki prospek yang sangat cerah,karena para pelaku usaha ini bisa survive karena sudah mempunyai pelanggan yang tetap yaitu anak-anak sekolah.Tentu saja hal ini ditunjang dengan rasa yang sama enak sehingga membuat yang membelinya akan datang kembali.
Tren.Selain rasa yang enak,pelaku usaha harus mengikuti perkembangan pasar.Dalam arti,mengamati jajanan apa saja yang saat ini lagi booming. Harus diakui bahwa jajanan yang lagi diminati saat ini yang berbahan tradisional yang bahan bakunya mudah didapat seperti telo-telo,singkong meletus,ubi jalar yang dibuat menjadi brownies,atau combro yyang menggunakan keju,walaupun demikian,jajanan berbahan baku tepung seperti roti unyil,cakwe,cimol tetap akan disukai karena telah memiliki market sendiri
Karena market terbesar adalah anak-anak,Faktor ukuran produk menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan.Ukuran yang kecil menjadi pilihan dari kalangan pelaku usaha karena harga jual yang murah.Walaupun murah,mereka tidak mengurangi bahan baku tapi tetap menggunakn bahan terbaik.Karena pelaku usaha ingin tetap memberikan rasa jajanan yang enak tanpa harus mengurangi kualitas.
Walaupun harganya murah,tapi keuntungan yang diperoleh tidak terlalu mengecewakan,bisa mencapai 40%. Apalagi proses pembuatan jajanan berukuran mini tidak sulit.Hampir sama dengan jajanan yang harganya lebih mahal.Bahkan karena ukuran yang mini sehingga proses pembuatan akan lebih cepat.Yang membuat usaha ini makin menarik karena tingkat lakunya sangat tinggi.
Agar tetap bisa bersaing diantara jajanan yang murah sebenarnya terletak pada bentuk yang menarik dan rasa yang enak. Untuk segmentasi anak-anak yang perlu diperhatikan adalah bentuknya,karena anak-anak lebih tertarik pada visual.misalkan cakwe dengan bentuk binatang (ber-inovasi dalam hal bentuk)tidak dengan bentuk lurus-lurus saja maka anak-anak akan memilih bentuk yang binatang walaupun rasanya sama.
Apabila kedua hal ini bisa diterapkan / dipertahankan maka pelaku usaha kan bisa survive.Karena biasanya konsumen akan mengejar rasa yang enak dan murah.Keunggulan seperti inilah yang harus dipertahankan oleh kalangan para pelaku usaha khususnya sektor usaha jajanan murah meriah.
SARAN DARI PRAKTISI KULINER.FOOD STYLIST(BUDIUTOMO)
Semoga referensi ini bermanfaat bagi pembaca khususnya anda yang bergelut di bidang usaha jajanan murah yang segmentasinya adalahg anak-anak..
Selamat Mencoba!!!!
TEMPAT KURSUS ANEKA JAJANAN
Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang Tempat kursus kue / Cake yang ada di Jakarta ini Referensi dari kami untuk anda:
1. NATURAL COOKING CLUB
jl.mataram dalam III No.11
Rt.09 Rw.07 Jakarta pusat
TYelp. (021) 3921779
HP.0817 483 7200 (ibu Fatma)
2. NISRINA
Rukan Permata Niaga i nO.63 Tanggerang
Royal Cipondoh Tangeerang
Telp.(021) 55746929
HP.0818 133 416
Website : www.nisrina_cakes@yahoo.co.id
3. SAN MERIO
Jl.Kopyor Raya Blok 01 No.10
Kelap gading,Jakarta Timur
Tep.(021) 4532126,4526543 (Ibu nur)
4. WORKS SHOP KULINARY LILYANA
Jl.Bambu Kuning 9 No.9 cengkareng,Jakarta Barat
Telp.(021) 57936329
HP. 0813 1033 7328 (Bpk.Martinus)
1. NATURAL COOKING CLUB
jl.mataram dalam III No.11
Rt.09 Rw.07 Jakarta pusat
TYelp. (021) 3921779
HP.0817 483 7200 (ibu Fatma)
2. NISRINA
Rukan Permata Niaga i nO.63 Tanggerang
Royal Cipondoh Tangeerang
Telp.(021) 55746929
HP.0818 133 416
Website : www.nisrina_cakes@yahoo.co.id
3. SAN MERIO
Jl.Kopyor Raya Blok 01 No.10
Kelap gading,Jakarta Timur
Tep.(021) 4532126,4526543 (Ibu nur)
4. WORKS SHOP KULINARY LILYANA
Jl.Bambu Kuning 9 No.9 cengkareng,Jakarta Barat
Telp.(021) 57936329
HP. 0813 1033 7328 (Bpk.Martinus)
Wednesday, December 1, 2010
Tuesday, November 30, 2010
INSPIRASI JAJANAN MURAH MODALNYA SEDIKIT UNTUNGNYA SELANGIT
Taukah anda bawa anak-anak merupakan target market yang sangat potensial / tepat sasaran dalam dunia usaha. pertanyaannya mengapa ? Karena Anak anak adalah golongan yang sangat paling konsumtif.tidaklah heran,jika banyak para pelaku usaha yang membuat produk yang ditujukan khusus atau bahkan berlomba-lomba ber-inovasi untuk Kalangan yang satu ini.
Jajanan ini banyak dijual disekolah-sekolah dan tempat padat penduduk. Dan taukah anda? Peminatnya semakin hari semakin banyak,karena harganya yang relatipf sangat terjangkau / murah dan rasanya tak kalah dengan yang sudah punya brand merek terkenal / high class & rasanya enak. Dengan keistimewaan tersebut,usaha ini sangat menggiurkan karena : Modal yang tidak besar dan pelakunya belum terlalu banyak, sementara pasarnya sangat-sangat potensial
BERIKUT BEBERAPA FAKTA JAJANAN SEKOLAH YANG SANGAT POTENSIAL UNTUK DIKEMBANGKAN :
- SOSIS (sosis goreng,sosis bakar,sate sosis dll)
- CIRENG (cireng original biasa + saos / cireng isi,keju,ayam,sosis,kornet,abon dll)
- MAKRONI (Goreng ditempat / yang sudah digoreng + tabur bumbu rasa dll )
- MIE/BIHUN (Mie/bihun yang digoreng / oseng-oseng,dibikin sate lalu digoreng dll)
- CILOK (Orang sunda bilang Aci dicolok semacam jajanan bakso yang terbuat dari tepung terigu + tapioka)
- RISOLES
- GORENGAN-GORENGAN
- TAHU GORENG
- TEMPE GORENG MENDOAN
- ROTI
Jajanan ini banyak dijual disekolah-sekolah dan tempat padat penduduk. Dan taukah anda? Peminatnya semakin hari semakin banyak,karena harganya yang relatipf sangat terjangkau / murah dan rasanya tak kalah dengan yang sudah punya brand merek terkenal / high class & rasanya enak. Dengan keistimewaan tersebut,usaha ini sangat menggiurkan karena : Modal yang tidak besar dan pelakunya belum terlalu banyak, sementara pasarnya sangat-sangat potensial
BERIKUT BEBERAPA FAKTA JAJANAN SEKOLAH YANG SANGAT POTENSIAL UNTUK DIKEMBANGKAN :

- SOSIS (sosis goreng,sosis bakar,sate sosis dll)
- CIRENG (cireng original biasa + saos / cireng isi,keju,ayam,sosis,kornet,abon dll)
- MAKRONI (Goreng ditempat / yang sudah digoreng + tabur bumbu rasa dll )
- MIE/BIHUN (Mie/bihun yang digoreng / oseng-oseng,dibikin sate lalu digoreng dll)
- CILOK (Orang sunda bilang Aci dicolok semacam jajanan bakso yang terbuat dari tepung terigu + tapioka)
- RISOLES
- GORENGAN-GORENGAN
- TAHU GORENG
- TEMPE GORENG MENDOAN
- ROTI
- PEMPEK,BATAGOR,BASRENG
- ES
- ACCESSORIES
- BUKU GAMBAR
- dan lain lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,tinggal bagaimana anda melihat peluang yang sangat-sangat lebar disekitar anda.So maukah anda menggapai peluang yang sangat lebar ini .....
semua tergantung pada kemauan anda sendiri.
semoga invirasi ini semakin menjadikan anda kuat dan semangat untuk terus berusaha menjadi pengusaha yang tangguh
FOOD BUSINESS TIPS FOR CHILDREN
- Look around you what food is not there, and you can find information on other cities that are booming to be brought Elsewhere
Dictionary - View detailed dictionary
- Innovation / Breakthrough In a sense Presents & VARIETY OF DIFFERENT TASTE
DESCRIPTION: Form a variativ indeed be a force for business ini.karena mostly children who consumed snacks, the first thing seen is a new form after that taste of hawker tersebut.Karena was recommended if producing snacks should bring some flavor. This is important intuk enthusiasts will be snacks such increase
- Concept Direcselling / went straight into a crowded place
explanation, because the biggest targets are children, then the recommended way of promotion is the concept of direct selling.Dalam sense, business went straight to crowded places to sell their products
- This all important moment between the moment that there is, remember these words ATM
A = Observe
T = Copy
M = Modivication
- Pray so smoothly and successfully
hopefully this article useful to you, especially for those of you who want to open a business talk children's food sector
Dictionary - View detailed dictionary
- Innovation / Breakthrough In a sense Presents & VARIETY OF DIFFERENT TASTE
DESCRIPTION: Form a variativ indeed be a force for business ini.karena mostly children who consumed snacks, the first thing seen is a new form after that taste of hawker tersebut.Karena was recommended if producing snacks should bring some flavor. This is important intuk enthusiasts will be snacks such increase
- Concept Direcselling / went straight into a crowded place
explanation, because the biggest targets are children, then the recommended way of promotion is the concept of direct selling.Dalam sense, business went straight to crowded places to sell their products
- This all important moment between the moment that there is, remember these words ATM
A = Observe
T = Copy
M = Modivication
- Pray so smoothly and successfully
hopefully this article useful to you, especially for those of you who want to open a business talk children's food sector
TIPS UNTUK USAHA MAKANAN ANAK-ANAK
- Lihat sekeliling anda makanan apa yang tidak ada,dan anda bisa mencari informasi di kota lain yang sedang booming untuk dibawa kedaerah
- Inovasi / Terobosan Dalam arti HADIRKAN BENTUK & VARIAN RASA YANG BERBEDA
PENJELASAN : Bentuk yang variativ memang menjadi kekuatan untuk usaha ini.karena anak-anak kebanyakan yang mengkonsumsi jajanan, hal pertama yang dilihat adalah bentuk setelah itu baru rasa dari jajanan tersebut.Karena itu dianjurkan jika memproduksi jajanan harus menghadirkan beberapa rasa. Hal ini penting intuk meningkatkan peminat akan jajanan tersebut
- Konsep Direcselling / langsung mendatangi ke tempat yang ramai
penjelasan ; karena target terbesar adalah anak-anak,maka cara promosi yang dianjurkan adalah konsep direct selling.Dalam arti,pelaku usaha langsung mendatangi tempat-tempat keramaian untuk menjual produknya
- ini yang terpenting jurus diantara jurus yang ada,ingat kata-kata ini ATM
A = Amati
T = Tiru
M = Modivikasi
- BerDo'a & bersodaqoh insya Alloh lancar......
- Inovasi / Terobosan Dalam arti HADIRKAN BENTUK & VARIAN RASA YANG BERBEDA
PENJELASAN : Bentuk yang variativ memang menjadi kekuatan untuk usaha ini.karena anak-anak kebanyakan yang mengkonsumsi jajanan, hal pertama yang dilihat adalah bentuk setelah itu baru rasa dari jajanan tersebut.Karena itu dianjurkan jika memproduksi jajanan harus menghadirkan beberapa rasa. Hal ini penting intuk meningkatkan peminat akan jajanan tersebut
- Konsep Direcselling / langsung mendatangi ke tempat yang ramai
penjelasan ; karena target terbesar adalah anak-anak,maka cara promosi yang dianjurkan adalah konsep direct selling.Dalam arti,pelaku usaha langsung mendatangi tempat-tempat keramaian untuk menjual produknya
- ini yang terpenting jurus diantara jurus yang ada,ingat kata-kata ini ATM
A = Amati
T = Tiru
M = Modivikasi
- BerDo'a & bersodaqoh insya Alloh lancar......
Subscribe to:
Posts (Atom)